Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Peternakan Terapan merupakan jurnal yang mewadahi publikasi hasil penelitian/studi di bidang peternakan meliputi: Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, kesehatan ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun oleh Jurusan Peternakan Politeknik Negeri Lampung

Jurnal Peternakan Terapan (Peterpan) adalah jurnal ilmiah mempublikasikan hasil penelitian dan review bidang peternakan yang mencakup:

1. Pemuliaan dan genetika ternak,

2. Reproduksi ternak,

3. Anatomi dan fisiologi ternak,

4. Nutrisi dan teknologi pakan ternak,

5. Hijauan pakan ternak, produksi ternak,

6. Bioteknologi peternakan,

7. Tingkah laku ternak,

8. Kesehatan ternak,

9. Sistem peternakan,

10. Sosial ekonomi peternakan,

11. Kebijakan peternakan,

12. Teknologi hasil ternak. 


 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Kriteria penerimaan makalah adalah kualitas dan orisinalitas penelitian dan signifikansinya bagi pembaca kami. Kecuali jika dinyatakan kekhususan, naskah ditinjau peer reviewer anonim dan Editor. Penerimaan atau penolakan akhir ada pada Dewan Editor yang berhak menerima atau menolak untuk dipublikasikan

Naskah harus ditulis sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Manuscript harus ditulis dengan gaya yang jelas, ringkas, langsung. Tulisan selayaknya  berkontribusi dan  dapat diterima untuk publikasi berdasarkan konten ilmiah, Editor berhak untuk memodifikasi naskah huruf untuk menghilangkan ambiguitas dan pengulangan untuk meningkatkan komunikasi antara penulis dan pembaca. Jika diperlukan perubahan yang ekstensif, naskah akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi.

Proses naskah memakan waktu maksimal tiga bulan. Dalam setiap naskah, Peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis. Peer-reviewer yang berkolaborasi dengan Peterpan dalah para ahli dalam Ilmu peternakan, baik dari akademisi maupun praktisi.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Peternakan Terapan (peterpan) terbit setahun dua kali sertiap bulan Februari dan. Jurnal Peternakan Terapan (peterpan) menerima original paper dalam ilmu peternakan secara umum yang belum diterbitkan di jurnal lain.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke konten jurnal dengan prinsip artikel tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.